Tempatcara.com – Kominfo sebagai Badan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia pada saat ini telah memberi kewajiban kepada pengguna ponsel untuk melakukan registrasi kartu SIM baru kepada masing-masing Operator.

Regristrasi kartu SIM prabayar tersebut wajib dilakukan dan tidak mengikat waktu jika kartu SIM akan digunakan jangka waktu lama maupun jangka waktu singkat.

Peraturan tentang mewajibkan setiap pengguna ponsel melakukan Regristrasi pada kartu SIM adalah salah satu cara kominfo untuk mengurangi data penyalah gunaan pada penggunaan internet belakangan ini. Dikarenakan marak terjadi hal yang tidak di anjurkan seperti penipuan online, berita hoax di medsos dsb. Maka dengan alasan ini, setiap pengguna SIM wajib melakukan regristrasi kartu sim baru maupun regristrasi ulang kartu sim untuk sim lama.

Cara Regristrasi Kartu SIM Telkomsel Terbaru:

Melakukan Regristrasi Kartu SIM, Setiap provider pengelola kartu atau Operator memiliki cara masing-masing. Seperti yang ingin saya bagikan di artikel ini, Mengenai cara regristrasi kartu Telkomsel dan berikut beberapa langkah-langkah cara daftar regristrasi kartu SIM Telkomsel terbaru.

1. Regristrasi Kartu Telkomsel Dengan Cara Manual.

Beberapa Registrans kartu prabayar Telkomsel maupun As dapat melakukan proses regristrasi secara manual dengan cara:

  • Masukan Kartu SIM baru pada Ponsel
  • Tunggu beberapa saat dan selanjutnya pelanggan aka. menerima kode verifikasi yang di kirim operator Telkomsel melalui format sms.
  • Masukan kode verifikasi
  • Selanjutnya, verifikasikan data Nomor NIK dan KK pelanggan.
  • Terakhir, pilih Ok dan tunnggu proses Regristrasi Kartu berhasil.

2. Regristrasi Kartu  Telkomsel Dengan Cara Dial Call atau SMS

Cara regristrasi melalui dial call atau melalui SMS ke 4444 cukup mudah. Pengguna baru maupun lama dapat melakukan proses regristrasi kartu hanya dengan cara mengirimkan format data melalui sms saja.
Namun sebelum proses kirim SMS permintaan regristrasi kartu, pengguna wajib menyiapkan beberapa data seperti, Nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Keluarga (NIK), seperti pada cara pertama. Setelah itu Pengguna dapat memulai proses Regristrasi kartu SIM dengan cara sebagai berikut:

Pengguna Baru:

Ketik REG#NIK#Nomor KK lalu kirim ke 4444. Contoh:  REG 1234567890123456#320106041130027# lalu kirim ke 4444.

Pengguna Lama:

Ketik ULANG#NIK#Nomor KK# kirim ke 4444. Contoh: ULANG 1234567890123456#320106041130027# kirim ke 4444.

3. Regristrasi Kartu Telkomsel Dengan Cara Online


Selain pilihan regristrasi kartu SIM Telkomsel melalui cara Manual dan SMS! Pengguna guna dapat melakukan proses Regristrasi kartu melalui online. Caranya cukup mudah, dan beberapa langkah-langkahnya bisa perhatikan opsi berikut:

  • Untuk kartu SIM prabayar Telkomsel (Telkomsel dan AS) dapat mengunjungi situs berikut: https://mobi.telkomsel.com/ulang?ch=WEB
  • Caranya: isikan No handphone, NIK KTP, No Kartu Keluarga dan Password yang akan dikirimkan oleh operator melalui SMS. Lalu klik Kirim.

Menurut Kemenkominfo, jika sampai tanggal ketentuan tersebut pengguna belum melakukan proses registrasi kartu SIM, Maka pengguna akan diberi waktu ±15 hari perpanjangan. Namun jika pengguna masih belum juga melakukan registrasi ulang, maka kartu pra bayar pengguna akan diblokir untuk melakukan panggilan dan pengiriman SMS keluar.

Dan bila sampai lebih 15 hari berikutnya kartu prabayar belum juga mendaftarkan proses regristrasi, kartu prabayar akan diblokir dan pengguna tidak dapat melakukan panggilan keluar maupun mengirim pesan singkat keluar. Dan terakhir, akan diblokir seluruh layanan, termasuk data internet. 

Sebelum hal itu terjadi, pengguna dapat melakukan registrasi seceoatnya dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang sah seperti yang telah  di jelaskan di atas tadi.

Begitulah tata Cara Regristrasi Kartu Telkomsel Terbaru yang dapat Tempatcara.com sampaikan pada artikel kali ini. Terimaksih atas waktu membacanya dan semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here